Pages

Subscribe:

Jumat, 28 September 2012

Manfaat Buah Jambu bol


BUAH JAMBU BOL

          Jambu Bol, atau yang dikenal dalam nama Latin: Syzgium malaccense, masih termasuk dalam family Myrtaceae, dikenal memiliki nama dalam bahasa Inggris, Malay Apple. Buah jambu bol yang juga dinamakan buah jambu Darsana, merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari kawasan Indo-Cina, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Di Indonesia, buah ini banyak ditemukan di pulau Jawa.
          Dalam lima tahun terakhir ini, produksi buah jambu bol dapat dikatakan selalu konstan. Jambu bol umumnya hanya ditanam di pekarangan saja dan hanya sedikit orang yang membudidayakan tanaman ini. Perhatikan saja di  pasaran pada saat musim jambu bl (Juli-September), buah ini tidak pernah terlihat berlimpah dan harganya juga mahal. Di sekitar Padalarang, harga 1 kg jambu bol ukuran besar dapat mencapai Rp 15.000,00 dan yang terkecil Rp 5.000,00. Harga ini jauh di atas harga buah-buah local lainnya.      Padahal di luar negeri, jambu bol dapat dikatakan sebagai buah masa depan, karena mulai digemari. Selain bentuk dan citarasanya yang dipandang eksotik oleh para penikmat buah mancanegara, buah ini ber prospek cerah terutama karena nilai gizinya yang baik. Sayangnya, karena jumlah pasaran di dalam negeri saja kurang memadai, sehingga peluan untuk diekspor pun kecil. Pada tahun 1991 diketahui produksi di Pulau Jawa hanya mencapai 51.673 kuintal per tahun. Diperkirakan jumlah produksi ini berasal dari jumlah pohon yang hanya mencapai 879.533 saja.
Jika dilihat dari pohonnya, tanaman tahunan ini cukup menuntunkan untuk dibudidayakan. Selain dapat tumbuh sampai puluhan tahun, tanaman jambu bol juga memiliki daya adaptasi yang besar terhadap lingkungan tropis, dari dataran rendah sampai tinggi. Jenis jambu bol local yang biasa ditanam adalah jambu bol merah Cianjur, dengan potensi 80-100 kg/musim/pohon dan jambu bol putih Congkili dengan potensi 1.125-1.250 kg/musim/pohon. Varietas baru yang lekas berbuah adalah si Mojang yang dapat dipanen tiga kali dalam setahun.
Dari segi manfaat, batang pohon jambu bol dapat digunakan sebagai obat sariawan, dengan hanya merebus batangnya dan meminum airnya. Sedangkan air rebusan dari kulit muda batang jambu bol, ditambah sedikit gula agar tidak pekat, dapat dijadikan obat unuk menambah nafsu makan bayi. Buahnya yang ranum dapat dimakan begitu saja tanpa harus diolah, karena buahnya sudah sangat manis dan memiliki tekstur yang lembut.

sumber: buku "Mengungkap Rahasia 63 Buah Berkhasiat Istimewa"

1 komentar:

  1. Sipp mantab Infonya, lanjut ya....!
    thx

    http://www.gatyaonline.com/

    BalasHapus