Pages

Subscribe:

Jumat, 28 September 2012

Manfaat Buah Abiu


BUAH ABIU

          Buah abiu adalah sejens sawo segar dari Australia. Melihat buah yang satu ini, rasanya aneh dan tidak biasa. Bentuknya tidak menyerupai sawo, namun ternyata masih masuk kerabat sawo-sawoan. Pohon abiu memiliki karakter yang mirip dengan kerabatnya, yaitu berkayu dan mampu mencapai tinggi 15 m. Buahnya yang berebentuk lonjong sampai membulat berukuran panjang 5-6 cm dengan bobot 100-150 gram/ buah. Buah abiu ada yang berbentuk bulat, lonjong, hingga bercuping.
          Tumbuhan yang termasuk dalam spesies Pouteria caimito dan keluarga Sapoteceae ini lebih dikenal dengan sebutan sawo Australia, meski sebenarnya berasal dari Amazon, dataran rendah Peru, dan Brasil (Amerika Selatan). Ternyata tanaman ini banyak dibudidayakan di Australia, tepatnya di North Queensland.
          Buah abiu yang adaptif di iklim tropis dan subtropis ini  tumbuh subur mulai dataran renda sampai dataran tinggi.Cepat berbuah adalah salah satu keistimewaan utama abiu dibanding keluarga sapotaceae lainnya. Pada umur 2 tahun tanaman asal biji mulai berbunga. Dua bulan kemudian, bunga menjaadi buah berwarna hijau dan berangsur kuning cerah kala masak.
          Daging buah berwarnaputih bening, rasa khas manis legit dan segar. Ada yang menggambarkannya seperti rasa kelapa muda, namun juga ada yang menyamakannyadengan paduan susu dan caramel. Karena daging buahnya lembek dan sedikit berair, abiu dapat dimakan dengan dibelah melintang maupun membujur, atau dengan disendok. Abiu memiliki 1-5 biji perbuah. Rasa buah manis dengan kemanisan 17 – 24 Brix.
          Cara memakan buah ini bisa sangat beragam. Selain enak dimakan sebagai buah segar, juga
istimewa seperti: Abiu Carambola Chicken Breasts (dada ayam digoreng dan dimasak dengan jus abiu + belimbing) ;
bisa diolah sebagai maasakan
Abiu Tart; Sweet & Sour Abiu & Beefburger, dan sebagainya.
          Tak hanya enak dikonsumsi buah ini juga bermanfaat. Di Brasil daging buah Abiu dimakan untuk meringankan batuk, bronchitis, dan keluhan pernfasan atau paru-paru. Getahnya dapat digunakan sebagai obat cacing, obat pencahar, dan menyembuhkan luka bengkak. Buah ini banyak mengandung vitamin A, B3, dan C juga kaya akan sumber kalori dan serat.

sumber: buku "Mengungkap Rahasia 63 Buah Berkhasiat Istimewa"

0 komentar:

Posting Komentar