Pages

Subscribe:

Jumat, 28 September 2012

Manfaat Buah Zaitun


BUAH ZAITUN

          Pohon zaitun diketahui berasal dari  Kreta, sebuah pulau yang saat ini termasuk wilayah Yunani. Pada waktu itu, zaitun telah digunakan sebagai rempah pembersih luka sejak berabad-abad lalu.
          Namun saat ini telah diketahui, zaitun memiliki khasiat menurunkan tekanan dan gula darah, mengoptimalkan system peredaran darah, mengatasi diare serta digunakan untuk mengobati kista.
          Catatan sejarah mengenai manfaat obat pohon zaitun diketahui berawal dari masa Mesir Kuno, dan bahkan lebih tua lagi. Orang mesir menganggap cabang-cabang dari pohon zaitun merupakan symbol dari kekuatan yang tahan lama dan menurut keterangan sejumla sejarawan, minyak zaitun digunakan sebagai salah satu bahan dalam proses mumifikasi. Orang Yunani Kuno merangkai ranting pohon zaitun sebagai mahkota bagi para juara di ajang olimpiade pertama.
          Daun zaitun sudah lama dimanfaatkan masyarakat Yunani Kuno sebagai pembasuh luka. Daun zaitun juga dipakai sebaga obat untuk obat kandung kemih, dan riset menunjukan daun zaitun memiliki kemampuan membantu penurunan kadar gula dalam darah sebagaimana juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Daun tersebut juga mengandung zat anti-mikroba dan sangat efektif memerangi sejumlah jamur, virus, dan bakteri.
          Sementara minyak zaitun, yang diperoleh dari ekstrak buahnya berfungsi melindungi system pencernaan. Jika dioleskan pada bagian luar, minyak zaitun bisa melembabkan kulit dan berfungsi sebagai penghantar bagi minyak-minyak penting lainya. Jika dipakai sebagai minyak goring atau suplemen makanan, minyak zaitun dapat menjaga jantung dan pembulu arteri tetap lentur. Mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur terbukti menghindari penimbunan kolestrol di pembulu arteri. Dalam al-kitab diterangkan bahwa minyak zaitun dipakai untuk melembutkan dan menjaga elastisitas kulit serta kerap dioleskan untuk mempercepat penyembuhan kulit yang luka atau iritasi.
          Minyak zaitun juga dapat berfungsi mengendalikan keseimbangan kadar lemak daam darah. Sedangkan satu sendok minyak zaitun yang dicampurkan dengan segelas jus jeruk, dan diminum sekali sehari, diketahui dapat mengobati batu empedu. Minyak zaitun juga sangat efektif melindungi kulit dari kekeringan.

sumber: buku "Mengungkap Rahasia 63 Buah Berkhasiat Istimewa"

0 komentar:

Posting Komentar