Pages

Subscribe:

Selasa, 25 September 2012

Manfaat buah Nangka


BUAH NANGKA

Sebagai tanaman tropis, nangka tidak asing lagi. Tanaman ini diketahui berasal dari daerah hutan hujan Ghats Barat, kemudia dibudidayakan secara meluas di daratan rendah India, Burma, Ceylon, Cina selatan, Malaya, dan India Timur. Di dunia Internasional , buah yang punya nama latin Artocarpus heterophyllus ini dikenal dengan nama jackfruit, pada Negara-negara lain, nangka dikenal dengan nama yang berbeda, seperti khanun (Thailand), khnor (Kamboja), mak mi atau may mi (Laos), atau mit (Vietnam).
            Yang utama dipanen dari nangka adalah daging buah yang matang. Daging nangka seringkali dimakan dalam keadaan segar. Bisa juga dikonsumsi dengan dicampurkan es, dihaluskan menjadi jus, atau diolah menjadi  aneka jenis makanan daerah.
            Selain daging buahnya, nangka adalah tanaman serbaguna. Hampir dari seluruh bagiannya daoat dimanfaatkan, misalnya: biji nangka dikenal sebagai ‘beton’, dapat direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan. Buah nangka muda juga sangat digemari sebagai sayuran. Misalnya, di Sumatera dikenal sebagai masakan gulai nangka, atau di Yogyakarta dengan gudegnya. Selain itu, daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak. Getahnya untuk menangkap burung, menambal kapal, dan sebagainya.
            Selaiun itu, nangka juga memiliki khasiat sebagai obat tradisional. Misalnya: daun tanaman ini direkomendasikan oleh Ayurveda sebagai obat anti diabetes, karena ekstrak daun nangka member efek hipoglikemi. Selain itu, daun pohon nangka juga digunakan sebagai pelancar ASI, obat borok, dan luka(obat luar). Biji nangka dapat digunakan sebagai obat batuk dantonik. Khasiat kayu sebagai antispasmodic dan sedative, selain dianggap lebih unggul daripada jati karena tahan terhadap rayap dan jamur. Dagung buah untuk ekspektoran serta getah kulit kayunya telah digunakan sebagai obat demam, obat cacing, dan antiinflamasi.

sumber: buku "Mengungkap Rahasia 63 Buah Berkhasiat Istimewa"

0 komentar:

Posting Komentar